Thursday, December 3, 2015

Memperbesar Ukuran Telor Burung Puyuh

Dalam belajar budidaya burung puyuh selain bisa memelihara burung puyuh dari kecil, kemudian menyortir antara jantan dan betina, dan belajar mengembangbiakan burung puyuh sendiri dengan mengawinkan antara jantan dan betina.

Dalam belajar membudidayakan burung puyuh ini saya sudah mencoba tuk menyilangkan antara puyuh yang telornya banyak dan puyuh dengan telor ukuran besar dengan harapan nanti saya akan mendapatkan burung puyuh dengan telor ukurannya besar dan juga telornya lumayan banyak. Agar bisa seperti yang dimaksud tentu saja ukuran burung puyuhnya juga cukup besar agar cukup mensuply kebutuhan nutrisi untuk membentuk telor yang besar dan banyak.

Dari berbagai tips memelihara burung puyuh yang sudah saya baca dan kumpulkan dan sebagian sudah ditulis ulang di blog ini, saya sudah mencobanya dan hasilnya memang belum optimal tapi sudah ada sih. Jenis telor yang dihasilkan kira kira seperti pada gambar dibawah. Ukuran telor puyuh yang normal ada disebelah kiri sedangkan puyuh dengan telor ukuran besar ada disebelah kanan. Ukuran telor puyuh yang besar ini kalau dibandingkan dengan telor ayam kampung bisa hampir sama besarnya, bisa dilihat di gambar bawah dimana paling kanan adalah telor bebek yang ukurannya lebih besar dari telor ayam kampung.



Untuk mendapatkan ukuran telor burung puyuh yang besar, selain dengan perkawinan silang juga dengan memberi makanan yang cukup bergizi dan cukup jumlahnya. Kalau burungnya kekurangan makan otomatis telornya juga kecil kecil. Kalau jumlah per kilogramnya belum saya kumpulin jadi belum ada datanya. Semoga bermanfaat, amien.

No comments: