Tuesday, August 18, 2015

Agar Daging Puyuh Goreng Empuk

Banyak orang yang bisa masak daging tetapi dagingnya alot dan rasanya gak gurih. Berbeda treatment pada menu sebelumnya Burung Puyuh Kremes, karena menggunakan burung puyuh yang masih muda. Burung puyuh goreng itu bisa berasal dari burung puyuh muda jantan, atau dari burung puyuh betina sortiran. Nah kalau yang sortiran ini umurnya sudah tua jadi cara memasaknyapun berbeda, karena bisa bisa dagingnya menjadi alot. Untuk bisa membuat daging puyuh menjadi empuk kira kira begini.

Berikut tips trik mengolah daging puyuh agar empuk:
  1. Bersihkan burung puyuh, buang jerohan, jika diperlukan buang bagian yang tidak diperlukan misal kepala dan cekernya, cuci dengan air daun pepaya . Setelah selesai proses pencucian, lumuri daging puyuh dgn air jeruk nipis atau jeruk lemon, air asam bisa juga menggunakan cuka, kemudian diamkan selama 30 menit.
  2. Sebelum diolah, rebus daging puyuh tadi minimal selama 1 jam bersama serai, daun salam, daun jeruk, jahe, dan lengkuas. Bumbu ini berguna agar aroma amis hilang.
  3. Atau agar tekstur daging puyuh menjadi lebih empuk, ungkep daging puyuh bersama bumbu-bumbu tadi selama 2 jam, tapi jangan terlalu lama bisa bisa daging puyuh menjadi hancur.
  4. Setelah melalui proses pengolahan daging puyuh agar tidak amis dan empuk diatas, kini daging puyuh sudah siap untuk dimasak/goreng. Supaya daging puyuh lebih gurih dan renyah, daging puyuh yang sudah matang tadi didiamkan semalaman. Setelah itu goreng puyuh dalam minyak yang panas, banyak, dan bersih. Jangan terlalu lama menggoreng daging puyuh, karena akan membuat daging puyuh menjadi lebih keras, cukup goreng puyuh sampai kering dan garing bagian luarnya.Karena pada dasarnya daging puyuh sudah matang karena proses perebusan/ungkep.