Thursday, July 9, 2015

Tips Cara Beternak Puyuh

Berikut ini adalah tips tips yang aku kumpulkan dari internet dan menurutku ini lumayan lengkap dan bisa mewakili untuk dijadikan referensi. Aku sendiri sebenernya memelihara puyuh tetapi belum berani menulis tips berdasarkan pengalaman sendiri yang saya rasa masih sangat kurang dan ini saya ambil dari artikel orang yang saya rasa sudah cukup baik.

Yang ini kandang puyuhku, gambarnya kurang bagus dan ada efek matahari pagi jadi agak buram:


Tips memelihara puyuh seperti berikut dibawah:
  1. Memberi makan dengan makanan yang sesuai, yaitu makanan puyuh petelor dan tidak perlu membatasi jumlah makanan karena kalau puyuh sudah kenyang gak akan makan lagi. Justru kalau kurang makan malah tidak bertelur.
  2. Kandang yang terlalu gelap dapat mengakibatkan penurunan produktifitas sebab burung puyuh suka dengan cahaya terang. Pengaturan cahaya pada siang dan malam hari sangat penting.
  3. Hindari adanya suara suara yang mengagetkan karena burung bisa stress dan produksi telur menurun. Juga harus diperhatikan saat membersihkan kandang, membersihkan kotoran jangan sampai membuat burung puyuh merasa stress.
  4. Memberi vitamin saat ada perubahan iklim dengan dosis yang tepat dapat menjaga kestabilan kesehatan dan produktifitas telur.
  5. Kebersihan kandang perlu diperhatikan, kandang indukan yang sempit dan pengap akan menyebabkan burung indukan tidak nyaman, karena khawatir kedinginan kadang ada penutup rapat hal ini malah membuat tidak baik. Maka buat ventilasi udara yang cukup sehingga membuat lingkungan yang sehat dan nyaman buat burung.
Contoh bentuk kandang puyuh di dalam yang sehat mungkin seperti dibawah, jadi pencahayaan siang dan malam diperlukan karena posisinya di dalam ruangan.

1 comment:

Muji Anto said...
This comment has been removed by a blog administrator.