Friday, May 24, 2013

Usia VS Pencapaian Ukuran Gurame

Setelah 1 bulan ini menggeluti budidaya gurame, ternyata ukuran gurame yang dicapai lebih cepat dari keterangan yang ada di blog orang seperti pada tulisanku sebelumnya yang merupakan sunting dari blog orang.

Memelihara gurame dari telur bisa mencapai ukuran butir padi pada usia 2 minggu, dan ukuran biji oyong pada umur 3 minggu, dan pada usia 1 bulan sudah bisa mencapai ukuran kwaci. Ini baru betul memelihara gurame yang subur dan sehat. Kalau ukuran gurame tidak bisa mencapai apa yang aku sebutkan tadi berarti kolam anda tidak subur, atau makanan tidak cukup atau makanan tidak disukai gurame.

Komposisi makanan, ruangan, kualitas lingkungan air benar benar menentukan keberhasilan dan kecepatan pembesaran gurame. Menurut blog orang untuk mencapai ukuran bungkus rokok atau 3 jari, orang bilang memerlukan waktu 5 bulan, tapi saya punya gurame 8 ekor memelihara dari ukuran kuku umur 1,5 bulan dalam waktu 3 bulan sudah mencapai ukuran 3 jari atau bungkus rokok. Ini berarti jauh lebih cepat dari perkiraan. Mungkin karena memeliharanya tidak banyak hanya 6 ekor dicampur dengan ikan mas 5 ekor. Bahkan kecepatan pembesaran gurame ini melebihi kecepatan pembesaran ikan mas di kolamku. Saya juga heran mengapa perkembangan ikan mas jadi lambat padahal waktu dicampu sudah lebih besar dari ukuran gurame.

No comments: