Benih dan Harga Jual Gurame di Purwakarta

Benih Ikan Gurame dijual dalam berbagai ukuran, dari mulai telor gurama, ukuran butir beras, ukuran satu jari, ukuran dua jari, ukuran 3 jari sampai ukuran 5 jari. Ukuran untuk benih yang paling besar biasanya sampai 5 jari dan bisa dipelihara dalam waktu 5 bulan lagi sudah bisa dipanen dan dijual sebagai ikan konsumsi yang biasa di jual di restoran restoran.

Harga benih gurame bisa berubah ubah sewaktu waktu sehingga tidak bisa dipastikan harganya, terutama harga telornya, karena peternak ikan masih mengandalkan perkawinan secara alami dan tergantung sekali dengan cuaca atau iklim pada saat gurame dipijahkan.

Saturday, May 4, 2013

Budidaya Ikan Gurame, Purwakarta - Cikampek - Subang

Untuk daerah Purwakarta - Cikampek - Subang, sudah tidak dipungkiri lagi kalau banyak yang membudidayakan ikan, tetapi kebanyakan ikan lele, mas dan ikan Nila. Sedangkan ikan gurame masih sangat sedikit. Juga kapasitasnya masih sangat kecil. Kalau ikan mas, nila maupun lele sudah sangat banyak dan kapasitas besar. Mungkin karena waktu peliharanya yang pendek dan cepat panen, sehingga cepat diharapkan hasilnya, tidak seperti ikan gurame yang rata rata membutuhkan waktu 1 tahun baru bisa panen.

Dari DATA KELOMPOK PENANGKAR PESERTA PROYEK PEMBERDAYAAN PENANGKAR BENIH/BIBIT PERTANIAN UNTUK PROMOSI PEMASARAN BENIH - SUB SEKTOR PERIKANAN.

Daerah purwakarta - cikampek - subang bahkan belum tercantum, padahal yang mengkonsumsi lumayan besar dan banyak karena banyak restoran di daerah Purwakarta - Cikampek - Subang menyediakan masakan ikan Gurame.

1 comment:

  1. kami DeSawah Fish "Specialist Nila merah super (Bangkok)"
    kolam di subang dan bandung dengan kapasitas 800kg-1ton/hari size 200 - 750g/ekor, dengan metode panen dgan cara di tangkap satu persatu,tidak memakai sirib atau jaring
    kualitas,kwantitas serta daya tahan ikan .. sya jamin, apabila ikan banyak yg mati lebih dr 10% atau kualitas ikan saya buruk, maka saya ganti 2x lipat dgan ikan yg baru, Phone 081222724891 Pin 5c7ab019

    ReplyDelete